Faktor Penyebab dan Risiko Diabetes tipe 2

Lebih dari 400 juta orang hidup dengan menderita diabetes pada tahun 2015, menurut Federasi Diabetes Internasional. Ada tiga jenis utama diabetes: Tipe 1, Tipe 2 dan diabetes gestasional. Dari ketiganya, Tipe 2 adalah yang paling umum. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperkirakan bahwa 90 persen orang di seluruh dunia didiagnosis menderita diabetes memiliki Tipe 2. Pada diabetes Tipe 2, pankreas membuat insulin, namun sel tidak dapat menggunakan insulin sebaik seharusnya. Inilah yang para ahli sebut "resistensi insulin". Awalnya, pankreas membuat lebih banyak insulin untuk mencoba memindahkan glukosa ke dalam sel. Tapi akhirnya, itu tidak bisa bertahan dan gula terbentuk di aliran darah, menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Faktor Penyebab dan Risiko Diabetes tipe 2

Banyak orang dengan diabetes tipe 2 bahkan tidak sadar bahwa mereka memiliki penyakit ini, dan ini dapat berkontribusi pada berbagai komplikasi kesehatan yang terkait dengannya. Hal ini membuat lebih penting lagi untuk mengetahui faktor risiko.

Ada faktor risiko diabetes tipe 2 yang tidak dapat dimodifikasi dan dimodifikasi. Meskipun Anda tidak dapat berbuat banyak tentang faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi, ada banyak hal yang dapat Anda kontrol untuk mencegah diri dari pengembangan penyakit ini. Berikut adalah 10 faktor risiko diabetes tipe 2.

1. Riwayat Keluarga

Risiko Anda terkena diabetes tipe 2 tinggi jika salah satu dari orang tua atau saudara Anda memilikinya. Menurut American Diabetes Association, risikonya adalah:
  • 1 banding 7 jika salah satu orang tua Anda didiagnosis menderita diabetes sebelum usia 50 tahun.
  • 1 banding 13 jika salah satu orang tua Anda didiagnosis menderita diabetes setelah usia 50 tahun.
  • 1 banding 2 jika kedua orang tua Anda menderita diabetes.

Bila dikombinasikan dengan pemicu diabetes seperti diet Anda dan paparan virus tertentu, risiko Anda terkena diabetes meningkat. Meskipun Anda tidak dapat berbuat banyak tentang predisposisi genetik, Anda pasti bisa berusaha menghindari pemicu.

2. Ras atau Latar Belakang Etnis

Terlepas dari riwayat keluarga, orang-orang yang termasuk ras atau etnis tertentu lebih rentan terkena diabetes tipe 2. Orang-orang Hispanik, orang Afrika-Amerika, Hawaii, penduduk asli Amerika dan orang Asia berisiko tinggi terkena diabetes.

Sebuah studi tahun 2016 yang dipublikasikan di Diabetes Care melaporkan bahwa risiko diabetes secara signifikan lebih tinggi di antara orang Asia, Hispanik dan kulit hitam daripada orang kulit putih, sebelum dan sesudah memperhitungkan perbedaan indeks massa tubuh.

Jadi, jika Anda keturunan Afrika-Amerika, Asia, Latin / Hispanik, keturunan asli Amerika atau Kepulauan Pasifik, inilah saatnya mengubah gaya hidup untuk mengurangi risiko Anda.

3. Umur

Risiko diabetes tipe 2 meningkat seiring bertambahnya usia. Paling sering, itu terjadi pada orang dewasa setengah baya, katakan setelah usia 45 tahun. Ini bisa terjadi karena orang cenderung kurang berolahraga, kehilangan massa otot dan menambah berat badan seiring bertambahnya usia.

Namun, jenis diabetes ini terjadi pada anak-anak, remaja dan orang dewasa muda semakin banyak saat ini, terutama karena pilihan gaya hidup yang tidak sehat.

Pakar kesehatan merekomendasikan semua orang dewasa, mulai usia 40, kadar gula darahnya diperiksa setiap beberapa bulan sekali. Diagnosis dini adalah kunci untuk mencegah atau mengelola diabetes tipe 2.

4. Riwayat Gestational Diabetes

Jika Anda menderita diabetes selama kehamilan, yang dikenal sebagai gestational diabetes, maka Anda berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam The Endocrine Society Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism melaporkan bahwa wanita yang didiagnosis menderita diabetes gestasional selama kehamilan menghadapi risiko diabetes Tipe 2 yang jauh lebih tinggi secara signifikan di masa depan.

Selain itu, melahirkan bayi dengan berat lebih dari 9 pon meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Ini adalah faktor risiko yang dapat dimodifikasi, dan Anda dapat mengurangi risiko Anda dengan menjalani gaya hidup aktif dan mempertahankan berat badan yang sehat.

5. Kegemukan atau Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan kemungkinan diabetes tipe 2.

Kelebihan berat badan menekankan bagian dalam sel individu yang disebut retikulum endoplasma (ER). Bila ER memiliki lebih banyak nutrisi untuk diproses daripada yang bisa ditangani, hal itu menyebabkan sel meredam reseptor insulin di permukaan sel. Hal ini menyebabkan konsentrasi glukosa dalam darah terus-menerus tinggi.

Selain itu, jika tubuh Anda menyimpan lemak terutama di perut Anda, risiko diabetes tipe 2 Anda lebih besar daripada jika tubuh Anda menyimpan lemak ke tempat lain, seperti pinggul dan paha Anda.

Satu hal yang baik tentang faktor risiko ini adalah bahwa dengan kehilangan 5 sampai 7 persen dari berat badan Anda, Anda dapat mengurangi risiko Anda terkena diabetes tipe 2.

6. Ketidakaktifan fisik

Ketidakaktifan fisik adalah faktor risiko lain yang dapat dimodifikasi untuk diabetes Tipe 2. Semakin tidak aktif Anda, semakin besar risiko diabetes tipe 2 Anda. Selain itu, aktivitas fisik membantu penurunan berat badan, menggunakan glukosa sebagai energi dan membuat sel lebih sensitif terhadap insulin.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan di Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan bahwa menghentikan aktivitas fisik secara teratur mengganggu kontrol glikemik (pengendalian kadar gula darah), menunjukkan bahwa ketidakaktifan memainkan peran penting dalam pengembangan diabetes Tipe 2.

Usahakan melakukan aktivitas fisik aerobik dengan intensitas sedang 150 menit, 75 menit aktivitas aerobik intensitas tinggi atau kombinasi keduanya dengan penguatan otot setidaknya dua hari dalam seminggu.

7. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada sistem kardiovaskular, dan tekanan darah tinggi yang tidak diobati bahkan dapat menyebabkan perkembangan diabetes.

Selain itu, wanita yang memiliki diabetes gestasional lebih cenderung memiliki hipertensi. Diabetes gestasional dikaitkan dengan perkembangan diabetes tipe 2 di tahun-tahun mendatang. Namun, wanita yang mengelola kadar gula darah mereka selama kehamilan cenderung tidak mengalami hipertensi atau diabetes tipe 2.

Sebuah survei tahun 2013 oleh American Diabetes Association melaporkan bahwa kurang dari separuh orang yang berisiko terkena penyakit jantung atau diabetes tipe 2 melaporkan bahwa diskusi tentang biomarker seperti tekanan darah tinggi dengan dokter mereka.

Kombinasi hipertensi dan diabetes tipe 2 sangat buruk, karena secara signifikan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Jika tekanan darah Anda tinggi, lakukan dengan serius dan ikuti saran dokter Anda untuk menyimpannya di cek.

8. Tingkat Kolesterol Abnormal (Lipid)

Tingkat rendah lipoprotein kepadatan tinggi (kolesterol HDL atau 'baik') dan trigliserida tinggi dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan juga penyakit kardiovaskular.

Dalam sebuah studi tahun 2016 yang dipublikasikan di JAMA Cardiology, para periset menemukan bahwa orang-orang yang memakai statin menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL atau kolesterol 'jahat') lebih rentan terhadap diabetes tipe 2.

Namun, orang dengan kadar LDL alami lebih rendah cenderung mengembangkan penyakit jantung namun juga sedikit lebih rentan terhadap diabetes tipe 2. Peneliti menyimpulkan bahwa kemungkinan tingkat LDL seseorang dikaitkan dengan risiko diabetes, dan bukan efek statin.

Untuk menjaga kadar kolesterol sehat, rencana makan sehat, aktivitas fisik aerobik yang konsisten dan berat badan yang sehat dapat membantu banyak.

9. Prediabetes

Prediabetes, bentuk kondisi yang lebih ringan, merupakan faktor risiko yang jelas untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Prediabetes didefinisikan sebagai kadar glukosa darah di atas normal tapi di bawah ambang batas diabetes.

Sebuah studi tahun 2012 yang dipublikasikan di Lancet melaporkan bahwa pradiabetes berdasarkan parameter glikemik di atas normal tapi di bawah ambang batas diabetes adalah keadaan berisiko tinggi untuk diabetes. Studi ini juga mengatakan bahwa untuk individu prediabetik, modifikasi gaya hidup adalah landasan pencegahan diabetes dengan bukti pengurangan risiko relatif 40 sampai 70 persen.

Prediabetes dapat dengan mudah didiagnosis dengan tes darah sederhana. Jika Anda memilikinya, lebih aktif dan kehilangan berat badan ekstra. Selain itu, pilihlah makanan yang sehat dan ikuti saran yang diberikan oleh dokter Anda.

10. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Bagi wanita, memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang menyebabkan menstruasi tidak teratur, pertumbuhan rambut berlebih dan obesitas merupakan faktor risiko diabetes lainnya.

PCOS meningkatkan risiko diabetes

Sebuah studi tahun 2004 yang dipublikasikan di Minerva Ginecologica melaporkan bahwa risiko intoleransi glukosa di antara subjek PCOS nampaknya sekitar 5- sampai 10 kali lipat lebih tinggi dari normal dan tampaknya tidak terbatas pada satu kelompok etnis. Selain itu, faktor risiko lain seperti obesitas, riwayat keluarga diabetes tipe 2 dan hiperandrogenisme dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes pada wanita dengan PCOS.

Sebuah studi tahun 2012 yang dipublikasikan di Diabetes juga menegaskan bahwa risiko diabetes Tipe 2 meningkat secara mencolok pada wanita dengan PCOS di usia paruh baya, dan karena itu memperkuat kebutuhan akan skrining rutin pasien PCOS untuk diabetes dari waktu ke waktu.

Tips Mencegah Diabetes Tipe 2

  • Makanlah dengan sehat dengan memilih makanan yang rendah lemak dan kalori serta serat yang lebih tinggi.
  • Sertakan lebih banyak buah, sayuran dan biji-bijian dalam makanan Anda.
  • Ganti produk susu berlemak penuh dengan versi rendah lemak.
  • Pilihlah lemak tak jenuh yang sehat, batasi lemak jenuh, dan batasi atau hindari lemak trans.
  • Saat makan, selalu perhatikan porsi makanan Anda dan cobalah untuk makan makanan kecil 4 atau 5 kali sehari.
  • Bertujuan untuk minimal 30 menit aktivitas fisik moderat sehari.
  • Jika Anda kelebihan berat badan, lakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menurunkan berat badan ekstra.
  • Ganti jus dan soda dengan air yang diinfuskan dengan buah segar.
  • Berhenti merokok dan minum berlebih.
  • Perhatikan tingkat tekanan darah Anda dan lakukan langkah-langkah untuk tetap terkendali.
  • Kurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  • Temui dokter Anda untuk pemeriksaan rutin. Sangat disarankan untuk secara teratur memeriksa kadar glukosa darah, tekanan darah dan kadar kolesterol darah Anda.

0 Response to "Faktor Penyebab dan Risiko Diabetes tipe 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel