Penyakit Osgood-Schlatter (disease)

Apa itu penyakit Osgood-Schlatter? Penyakit Osgood-Schlatter adalah salah satu penyebab paling umum sakit lutut pada atlet muda. Ini menyebabkan pembengkakan, rasa sakit dan nyeri di bawah lutut, di atas tulang kering (disebut juga tibia). Osgood-Schlatter umumnya mempengaruhi anak laki-laki yang mengalami lonjakan pertumbuhan selama masa pra-remaja atau remaja mereka. Satu atau kedua lutut mungkin terpengaruh. Apa yang menyebabkan penyakit Osgood-Schlatter? Dokter berpikir bahwa tarikan otot besar yang kuat di bagian depan paha (disebut paha depan) adalah apa yang menyebabkan penyakit Osgood-Schlatter. Paha depan bergabung dengan tendon patela, yang berjalan melalui lutut dan masuk ke tulang kering, untuk menghubungkan otot-otot ke lutut. Saat paha depan berkontraksi, tendon patela bisa mulai menarik diri dari tulang kering, menyebabkan rasa sakit.

Penyakit Osgood-Schlatter (disease)
Penyakit Osgood-Schlatter (disease)

Kegiatan yang membutuhkan berlari, melompat atau naik atau turun tangga bisa membuat rasa sakit semakin parah. Osgood-Schlatter paling sering terjadi pada atlet muda yang bermain sepak bola, sepak bola atau bola basket atau terlibat dalam senam dan balet.


Diagnosa

Bagaimana penyakit Osgood-Schlatter didiagnosis?
Dokter Anda akan memeriksa anak Anda dan mendiskusikan gejalanya. Dokter Anda mungkin juga ingin mendapatkan sinar-X lutut untuk memastikan rasa sakit tidak disebabkan oleh hal lain.


Pencegahan

Apa yang bisa dilakukan anak saya untuk mencegah Osgood-Schlatter tidak terjadi lagi?
Dokter Anda mungkin meresepkan beberapa latihan untuk dilakukan anak Anda di rumah atau dengan ahli terapi fisik untuk memperkuat paha depan dan paha belakang. Saat anak Anda pulih, ia harus menerapkan es ke daerah yang terkena dampak setelah berolahraga untuk mencegah rasa sakit dan pembengkakan.

Pada kebanyakan orang, penyakit Osgood-Schlatter hilang dengan sendirinya dengan sedikit istirahat dan waktu. Jika anak Anda mengabaikan atau bermain melalui rasa sakit, penyakit ini mungkin akan memburuk dan mungkin lebih sulit diobati.


Pengobatan

Bagaimana penyakit Osgood-Schlatter dirawat?
Penyakit Osgood-Schlatter biasanya hilang seiring berjalannya waktu. Saat anak Anda berhenti tumbuh, rasa sakit dan bengkak harus hilang karena tendon patela menjadi lebih kuat. Hanya jarang penyakit Osgood-Schlatter bertahan di luar tahap pertumbuhan.

Dokter Anda mungkin ingin anak Anda mengurangi waktu yang dihabiskan untuk bermain olahraga sampai rasa sakitnya hilang selama 2 sampai 4 bulan. Anak Anda mungkin perlu menghindari aktivitas apapun yang membutuhkan tekukan lutut dalam. Anak Anda mungkin juga perlu berlari dengan kecepatan lebih lambat atau untuk waktu yang lebih singkat dan melompat lebih jarang.


Apa lagi yang bisa anak saya bantu meringankan rasa sakit?

Anak Anda harus menerapkan es ke area yang menyakitkan. Es bisa membantu mencegah pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit. Setelah mengoleskan es, bungkus lutut anak Anda dengan perban elastis dan pertahankan kaki anak Anda tetap tinggi.

Bantuan memori yang dapat membantu mengingatkan Anda akan keempat langkah perawatan dasar ini.
  • Istirahatkan lutut dari aktivitas yang menyakitkan.
  • Es area yang terkena dampak selama 20 menit, 3 kali sehari.
  • Kompres daerah yang sakit dengan perban elastis.
  • Tinggikan kaki.

Jika langkah-langkah perawatan ini tidak bekerja, dokter Anda mungkin menyarankan agar anak Anda memakai kawat gigi yang akan mengurangi ketegangan pada tendon patela dan paha depan. Penghilang rasa sakit seperti acetaminophen (satu nama merek: Tylenol) atau ibuprofen (beberapa nama merek: Advil, Motrin) dapat membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan. Anak Anda mungkin perlu menggunakan kruk untuk sementara waktu agar penyembuhannya sempurna. Sebagai upaya terakhir, dokter anak Anda mungkin menyarankan operasi.


Berapa lama waktu yang dibutuhkan lutut anak saya menjadi lebih baik?

Mungkin perlu beberapa minggu atau bulan agar rasa sakit itu berhenti sepenuhnya. Bila rasa sakit benar-benar hilang, anak Anda mungkin perlahan kembali ke tingkat aktivitas sebelumnya.

0 Response to "Penyakit Osgood-Schlatter (disease)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel